Wikipedia

Search results

Monday, December 22, 2014

Syukuri dan Jalani


Syukuri dan Jalani


SAHABAT, selalu syukuri dan jalani apa yang telah kita peroleh. Setiap kepahitan dan kesulitan yang kita alami dan membuat menderita, sesungguhnya lebih kecil dibanding nikmat dan karunia dari Allah SWT. Sangat tidak adil bila kita sibuk mengeluhkan kesakitan, kesulitan dan kesukaran yang kita alami, dibandingkan dengan nikmat dan karunia Allah yang lain.

Contoh, bila kita mengalami sakit gigi, kita akan sibuk dengan satu gigi yang sakit tanpa hirau dengan gigi lainnya yang tidak sakit. Padahal lebih banyak mana, gigi yang sakit atau tidak? Atau ketika ada jerawat di hidung atau pipi, kita sibuk dengan satu jerawat yang mengganggu pipi atau hidung kita itu, tanpa bersyukur dengan hidung atau pipi yang tidak terkena jerawat.

Ketika sakit gigi atau jerawat di pipi, kita sibuk memperhatikan satu kesakitan yang menimpa. Namun, kita lupa dengan nikmat lain yang masih Allah berikan. Seakan dunia runtuh dengan kesakitan yang dialami. Amat tak adil bagi Allah bila kita selalu mengeluhkan masalah kita dan tidak mensyukuri nikmat telah Ia berikan.

Contoh lain, ada yang menghina kita. Padahal yang menghina cuma satu orang. Namun kita sibuk dengan perasaan dan orang yang menghina itu. Malah kita ikut hanyut dalam umpatan dan hinaan juga. Kita lupa, lebih banyak orang yang sayang dan cinta kepada kita daripada yang menghina dan mengumpat. Waktu pun kita habis memikirkan hal-hal yang membuat kita lalai mengingat-Nya. Padahal, begitu banyak nikmat dari Allah SWT yang kita peroleh, dibandingkan kesedihan dan kesulitan yang kita hadapi.

Jadi, selalu mensyukuri segala nikmat dan karunia dari Allah SWT. Semakin kita banyak bersyukur, maka Ia akan tambah nikmatnya. Itu janji Allah. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku sangat berat."(QS. Ibrahim [14]: 7).

Oleh : KH. Abdullah Gymnastiar, Jum'at 19 Desember 2014

No comments: